Cara Kerja Motor Mesin 2 Tak dan 4 Tak

CARA-KERJA-MESIN

perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak dilihat dari cara kerjanya. Beberapa perbedaan cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak selengkapnya dibawah ini :

Langkah Kerja Motor 4 Tak

mesin motor 4 tak

1. Siklus pertama adalah langkah isap. Pada tahap ini, piston akan bergerak dari TMA atau Titik Mati Atas. Pergerakannya akan melaju hingga ke TMB atau Titik Mati Bawah. Hal ini akan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar akan masuk bersamaan ke ruang bakar mesin motor tersebut.

2. Siklus kedua adalah langkah kompresi. Pada tahap ini, piston bergerak lagi menuju ke Titik Mati Bawah ke Titik Mati Atas. Pada saat proses tersebut kedua katup dalam posisi menutup. Udara yang masuk akan ditekan. Hal tersebut akan menimbulkan tingkat kompresi yang tinggi. Busi pun akan memercikan bunga api.

3. Siklus ketiga adalah langkah usaha. Pada langkah ini, piston akan bergerak dari Titik Mati Atas menuju ke Titik Mati Bawah. Ini terjadi akibat dorongan daya ledakan yang terjadi pada busi. Busi yang memercikan api menyebabkan dorongan tersebut.

4. Siklus keempat adalah langkah buang. Pada tahap ini, piston akan bergerak dari Titik Mati Bawah menuju Titik Mati Atas. Katup EX berada pada posisi terbuka. Selanjutnya gas sisa pembakaran secara otomatis terdorong keluar melalui saluran pembuangan.

Langkah Kerja Motor 2 Tak motor mesin 2tak

1. Siklus pertama adalah langkah isap. Pada siklus ini, piston akan bergerak dari TMB ke TMA. Hal ini akan menyebabkan masuknya bahan bakar dari kaburator ke komponen yang dituju, yakni ruang poros engkol yang terjadi pada bagian bawah torak. Sementara itu, langkah kompresi dan pembakaran terjadi pada bagian atas torak.

2. Siklus kedua adalah langkah buang. Melalui tahap ini, piston akan bergerak dari TMA ke TMB. Pada bagian atasnya, terjadi langkah buang yang dibarengi dengan usaha. Sementara itu, di bagian bawah torak dibarengi dengan langkah pembilasan. Dalam proses ini, bahan bakar baru yang masuk akan ditampung dalam ruang poros engkol. Selanjutnya, bahan bakar tersebut akan dikirim menuju ruang bakar melalui saluran bilas.

3. Pada motor 2 tak, bahan bakar yang dikeluarkan dari saluran pembilasan akan terdorong hingga mencapai posisi TMA. Ketika bahan bakar tersebut sudah mencapai posisi TMA maka piston pun akan menutup saluran pembuangan dan saluran pembilasan dengan sendirinya. Hal ini kemudian akan menyebabkan bahan bakar masuk ke saluran dibawah piston dan memicu tekanan silinder yang meningkat. Bunga api akan keluar dari busi dan menjadi letusan dengan sendirinya

Sumber : carageek.com

Related Posts
medium trail 50cc 2 tak mt6 dalam infografis
di tahun 2017 launching produk baru lagi nih, semakin banyak varian ...
READ MORE
mini-harley-davidson
Kabar kembira untuk pecinta motor harley davidson. Sekarang mini harley ...
READ MORE
Perbedaan Mini GP Model Lama dan Baru
minimotor.co.id - Ngomongin soal mini motor memang tidak ada habisnya. ...
READ MORE
Cara Membersihkan Rantai Motor
Rantai motor juga menjadi faktor yang sangat penting bagi kelancaraan ...
READ MORE
Diskon Spesial mini motor Akhir tahun 2019
Promo terbatas AKHIR TAHUN 2019 minimotor.co.id hadir buat kamu para ...
READ MORE
FUNGSI-OLI-2-TAK
minimotor.co.id - Oli motor 2 tak sering disebut oli samping, ...
READ MORE
Tersedia Warna Baru Lagi buat Medium GP 2 Tak 49cc
Medium GP 2 Tak ada varian warna baru lagi lho. ...
READ MORE
knalpot motor, merawat knalpot, otomotif, cara membersihkan knalpot, karat besi, mencuci knalpot, knalpot sepeda motor,
minimotor.co.id - knalpot merupakan komponen penting kendaraan untuk gas buang. ...
READ MORE
balap-mini-motor-5-maret-2017
Motor mini semakin banyak digemari masyarakat dari kalangan anak kecil ...
READ MORE
Event FUD Championship Mini GP 2018 Seri 2 Diikuti Peserta Dari Bebagai Daerah
Balap mini motor - Hanya dalam hitungan jam FUD Championship MiniGP ...
READ MORE
medium trail 50cc 2 tak mt6 dalam infografis
Mini Harley Davidson Kini Hadir di Indonesia
Perbedaan Mini GP Model Lama dan Baru
Cara Membersihkan Rantai Motor
Diskon Spesial mini motor Akhir tahun 2019
Fungsi Oli Pada Mesin 2 Tak
Tersedia Warna Baru Lagi buat Medium GP 2
Tips dan Cara Merawat Knalpot Motor
Yuk Ikuti Balap Mini Motor di Sentul 5
Event FUD Championship Mini GP 2018 Seri 2